Safelink

Tinjauan Penting Mengenai Kehamilan

Tinjauan Penting Mengenai Kehamilan

Musim Gugur, Maternity, Alam, Ocean

Lebih dari setengah wanita yang hamil akhirnya mengalami stretch mark juga disebut sebagai tanda kehamilan atau striae gradarum. Stretch mark biasanya terlihat seperti garis-garis di sisi luar kulit dan bervariasi dalam warna tergantung dengan warna kulit alami seseorang. Misalnya, wanita yang berkulit gelap cenderung memiliki stretch mark lebih ringan dibandingkan dengan kulit di sekitarnya. Selama kehamilan, sebagian besar wanita mengalami tanda kehamilan di perut mereka. Meskipun demikian, juga sangat umum bagi ibu hamil untuk mendapatkan tanda kehamilan di pinggul, bokong, paha, dan payudara. Dalam beberapa kasus, hingga 90% wanita akhirnya mengalami stretch mark pada sebagian besar tubuh mereka karena kehamilan. Berikut ini adalah ikhtisar penting tentang penyebab tanda kehamilan, populasi yang mendapatkan tanda ini,

Penyebab Tanda Kehamilan

Tanda-tanda ini biasanya berkembang ketika kulit seseorang diregangkan dengan cepat seperti yang terjadi pada kehamilan. Kebanyakan wanita mengalami stretch mark selama trimester akhir kehamilan mereka meskipun beberapa wanita mulai mengembangkan tanda kehamilan sangat dini segera perut mereka mulai melotot. Stretch mark adalah air mata kecil yang terbentuk di jaringan yang mendukung kulit dan membantunya dalam peregangan. Stretch mark mewakili pemisahan atau sobekan kolagen dari kulit terutama ketika sobek terjadi. Tanda kehamilan tidak menyakitkan atau berbahaya dan biasanya memudar setelah beberapa waktu.

Penyebab lain dari tanda kehamilan adalah kurangnya hidrasi normal. Kulit kering mungkin akibat kurangnya hidrasi. Ini umumnya membuat kulit kering dan sangat sulit buncit. Ini adalah alasan mengapa disarankan agar Anda mengambil banyak air saat hamil. Anda mungkin perlu menggunakan krim untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Jadi, minum banyak air dapat membantu melembabkan kulit dan mencegah tanda-tanda ini.

Kurangnya elastisitas kulit karena nutrisi yang tidak tepat menyebabkan tanda kehamilan. Karena makanan yang dibutuhkan ibu, baik bayi dan ibu serta ibu hamil mungkin tidak cukup untuk menyediakan nutrisi dan vitamin yang cukup bagi tubuh. Akibatnya, kulit akhirnya menderita kekurangan zat yang dibutuhkan seperti vitamin E, C dan A, asam lemak, seng dan selenium. Semua ini adalah persyaratan untuk kulit yang sehat.

Siapa yang Mendapatkan Tanda Kehamilan?

Kebanyakan wanita percaya bahwa ketika Anda menggunakan krim dan lotion selama kehamilan, itu akan membantu Anda untuk mencegah stretch mark. Namun, intensitas peregangan yang didapat seseorang akan bergantung sepenuhnya pada seberapa elastis kulitnya. Elastisitas kulit seseorang biasanya berkaitan dengan susunan genetik dalam tubuh. Jika ibu Anda mengalami stretch mark saat hamil, kemungkinan besar Anda mendapatkannya.

Selain itu, mendapatkan tanda kehamilan juga tergantung pada berat yang didapat seseorang selama kehamilan. Semakin berat seorang individu meningkat selama kehamilan, semakin besar kemungkinan seseorang akan mengembangkan lebih banyak stretch mark. Biasanya, kulit biasanya sangat elastis dan mampu membesar tetapi pada beberapa wanita, perubahan yang terjadi pada kulit selama kehamilan sangat parah. Perubahan berat dan pembesaran kulit ini dapat menyebabkan tanda kehamilan.

Selain itu, wanita yang hamil kembar cenderung memiliki lebih banyak tanda kehamilan daripada kehamilan tunggal karena perut mereka biasanya tumbuh lebih besar. Berikut ini adalah faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap kerentanan perempuan terhadap stretch mark. Jika seseorang mengembangkan stretch mark sebelumnya misalnya pada payudara saat masih remaja maka kemungkinan mendapatkan tanda kehamilan tinggi. Kedua, jika Anda memiliki tanda kehamilan selama kehamilan pertama Anda. Selain itu, jika Anda kelebihan berat badan, peluang mendapatkan tanda ini selama kehamilan sangat tinggi.

Cara Mencegah Tanda Kehamilan

Anda harus memastikan bahwa Anda melembabkan kulit Anda. Jaga agar kulit Anda kenyal dan terus menerus dilumasi. Anda dapat memilih untuk menggunakan pelembab khas merek apa saja yang ditemukan di pasaran. Pastikan Anda menerapkannya setidaknya dua kali setiap hari. Jika Anda tahu bahwa Anda adalah tipe pelupa, Anda bisa menjaga pelembab di samping tempat tidur atau bahkan di kamar mandi.

Anda juga harus minum banyak air selama kehamilan. Pastikan Anda minum setidaknya delapan hingga sepuluh gelas air setiap hari agar Anda terhidrasi. Dehidrasi biasanya menyebabkan kekeringan dan kerutan. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C, E, dan A. Vitamin ini penting untuk kulit karena membantu meremajakan dan meregenerasi kulit. Selain itu, vitamin memiliki khasiat yang menghentikan kerusakan kulit di masa depan. Latihan teratur juga dianjurkan. Ketika seseorang berolahraga, dia meningkatkan laju metabolisme dan aliran darah sehingga mengirimkan semua nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk memperbaikinya dan menghilangkan stretch mark. Berolahraga setiap hari akan membantu Anda untuk tetap bugar dan mempercepat perkembangan kolagen dalam tubuh sehingga menggantikan yang rusak ketika kulit meregang.

Kebanyakan wanita sangat khawatir tentang bekas luka yang tersisa di kulit mereka setelah melahirkan. Untungnya, sebagian besar tanda kehamilan akhirnya memudar. Misalnya, setelah 12 bulan pascapersalinan, tanda kehamilan kurang terlihat atau ringan. Meskipun demikian, beberapa wanita memiliki stretch mark serius yang mempengaruhi harga diri mereka setelah melahirkan. Untuk wanita seperti itu, ada sejumlah perawatan yang dapat menawarkan mereka solusi yang langgeng.

Jika Anda memiliki tanda kehamilan yang parah, maka pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter Anda. Beberapa perawatan topikal seperti krim tretinoin dapat membantu mengurangi stretch mark. Meskipun demikian, pastikan bahwa Anda menggunakan krim ini setelah kehamilan karena dapat menyebabkan cacat pada bayi yang belum lahir. Namun, jika Anda menyusui anak Anda, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan perawatan tanda kehamilan. Ini penting karena beberapa perawatan dapat memiliki efek pada produksi ASI atau melewati ASI kepada bayi Anda. Anda juga dapat memutuskan untuk menjalani operasi plastik setelah Anda selesai melahirkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tinjauan Penting Mengenai Kehamilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×